Sunday, June 28, 2020

2020: Mimpi buruk bagi pejuang PKN STAN


Pada tahun 2020 sagat lah mengecewakan bagi para mahasiswa yang memperjuangkan masuk ke PKN STAN. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN secara resmi menyakan bahwa mereka tidak akan membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru pada taun 2020. Hal tersebut di tegaskan pada Siaran Pers SP-01/BPPK/2020, Kamis (7/5/2020), tentang Penundaan SPMB PKN STAN Tahun 2020. 

Siaran Pers melakukan penudaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2020 hal ini menjadi jawaban dari terbuatnya sebuah surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tanggal 6 Mei 2020.

Dikarenakan ada nya sebuah bencana yang tidak di inginkan yaitu (Covid 19). Suarat dari Kemenpan RB terkait rencana pembukaan pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan tahun 2020, khusus nya mengenani tentang keputusan kementrian keuangan yang mengelola PKN STAN yang memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2020.

Dalam hal ini PKN STAN sendiri mempuyai empat alasan untuk tidak mengadakan nya SPMB pada tahun 2020, yakni: 
  1. Bahwa sesuai dengan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Penetapan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, menyebabkan seleksi dalam bentuk tes umum tidak dapat dilaksanakan dengan efektif, mengingat jumlah rata-rata pendaftar selama tiga tahun terakhir mencapai angka 130.000 peserta.
  2. Bahwa saat ini sedang dilaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan program DI dan DIII PKN STAN, serta dari sumber-sumber lain.
  3. Bahwa saat ini sedang dilaksanakan penataan ulang sistem dan tata kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN, termasuk di dalamnya penataan Program Studi dan kurikulum yang menekankan pada relevansi lulusan PKN STAN di masa depan, serta aspek pengembangan karakter Aparatur Sipil Negara.
  4. Berdasarkan pertimbangan poin 1-3 di atas, Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN untuk tahun 2020 tidak di laksanakan.

Mimpi buruk dan beragam patah hati yang dirasakan oleh beberapa orang yang memutuskan untuk mendaftar ke PKN STAN pun mulai kecewa terhadap keputusan yang di berikan oleh PKN STAN yang menyatakan tidak membuka SPMB. Hal ini pun membuat para pejuang yang menunggu pendaftaran untuk masuk mendaftarkan diri ke PKN STAN dan mengurungkan niat nya untuk mendaftar pada tahun 2020 ini dengan mngharapkan tahun depan bisa kembali mendaftar di PKN STAN.

Previous Post
Next Post

Unit Pers dan Penerbitan HMCH adalah salah satu unit khusus dalam intern Himpunan Mahasiswa Civics Hukum Jurusan Pendidikan Kewaganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia yang bergerak di bidang jurnalistik

0 comments: