Tuesday, May 8, 2018

HIMPUNAN MAHASISWA CIVICS HUKUM UKIR SEJARAH BARU


Badan Eksekutif Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Civics Hukum atau lebih sering di kenal BEM HMCH FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Launching Buku HMCH bertajuk “Sejarah, Perjuangan dan Harapan”, Senin (07/05/18) di Shell Dome Museum Pendidikan Nasional UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung.

Acara ini dimulai pukul 15.30 WIB dengan pembukaan  oleh saudara M. Rizki Primadi dan Siti Khotimah selaku MC. Kemudian dengan serangkaian pembukaan seperti pembacaan ayat suci Al-Quran oleh saudari Cici, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne HMCH dipandu oleh Apriya. Selanjutnya laporan dari Ketua Pelaksana Edah Jubaedah, sambutan dari Ketua Umum BEM HMCH Agil Nanggala, dan sambutan sekaligus dibukanya kegiatan Launching Buku HMCH oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPIPS Dr. Hj. Siti Nurbayanti K, M.Si. Kemudian Launching Buku HMCH dengan penyerahan secara simbolis kepada pihak birokrat kampus. 


Acara kemudian dilanjutkan dengan TalkShow bedah buku HMCH dengan metode pararel yang dipandu oleh Dadan Rizwan Fauzi, S.Pd beliau Ketua Umum BEM HMCH periode 2015., sebagai moderator. Lalu pemateri pertama yaitu Prof. Dr. Abdul Aziz Wahab, M.A. beliau Guru Besar di FPIPS juga alumnus Jurusan Civics dan Hukum di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) atau yang lebih sering dikenal dengan UPI sekarang. Pemateri kedua yaitu Dr. Ganjar Muhammad Ganeswara, M.Pd., beliau dosen MKDU UPI serta Ketua Umum BEM HMCH periode 1985. Pemateri terakhir yaitu Dr. Epin Saepudin, M.Pd beliau dosen ITB dan Telkom University juga Ketua Umum BEM HMCH tahun 2009. Masing-masing dari setiap pemateri menyampaikan tentang pandangan HMCH dari masa ke masa, eksistensi HMCH dulu, kini dan nanti serta harapan untuk HMCH yang akan datang.

Acara ini dihadiri oleh civitas akademika PKn baik itu dosen ataupun mahasiswa S1 PKn. Dalam proses pembuatannya ini membutuhkan waktu yang cukup lama seperti yang diutarakan oleh Ketua Pelaksana pada saat laporannya bahwa penggarapan buku HMCH ini dimulai dari bulan Agustus 2017 yang telah dibentuk tim penyusun sebanyak 40 orang dengan seleksi alam yang terjadi saat penggarapannya menjadi 16 orang.  Dengan Launchingnya Buku HMCH ini Ketua Umum BEM HMCH Agil Nanggala dalam sambutannya menyampaikan harapannya bahwa semoga  dapat menambah wawasan bagi seluruh mahasiswa PKn juga mengetahui sejarah dari masa ke masa tentang HMCH dan dapat disempurnakan oleh kepengurusan selanjutnya.

Previous Post
Next Post

Unit Pers dan Penerbitan HMCH adalah salah satu unit khusus dalam intern Himpunan Mahasiswa Civics Hukum Jurusan Pendidikan Kewaganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia yang bergerak di bidang jurnalistik

0 comments: