Wednesday, December 13, 2017

SEMINAR NASIONAL: “MEMPERKOKOH KEHIDUPAN BERDEMOKRASI, HARAPAN, REALITAS DAN TANTANGAN.



Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Kewarganegaraan menyelenggarakan acara seminar nasional dengan tema “Memperkokoh Kehidupan Berdemokrasi, Harapan, Realitas Dan Tantangan. Seminar Nasional ini berlangsung di Grand Tjokro Hotel Lt. 2 Jl. Cihampelas No. 211-217, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung pada Selasa, (12/12).


Sebagai salah satu acara yang diselenggarakan sebagai acara kerjasama Departemen PKn dan MPR RI, kegiatan ini merupakan acara yang cukup besar dan sangat antusias dihadiri oleh banyak pihak terutama civitas akademika PKn UPI. Acara dimulai dengan penampilan dari Civics Dancer, lalu tampak pula sambutan dari ketua pelaksana yakni Syaifullah, S.Pd, M.Si. dimana menyampaikan peserta seminar nasional ini mencapai 300 peserta baik dari mahasiswa PKN (S1, S2 dan S3) maupun dari pihak lainnya. Setelah sambutan dari ketua pelaksana ada juga sambutan dari Ketua Departemen PKn yakni Prof. Dr. H. Sapriya, M.Ed. dan dilanjut oleh Dekan FPIPS UPI yakni Dr. Agus Mulyana, M.Hum. yang menyampaikan harapan setelah diadakannya seminar ini bisa memperkokoh kerjasama dan melakukan pembinaan kepada masyarakat mengenai wawasan kenegaraan. Setelah sambutan dari Dr. Agus Mulyana, M.Hum dilanjut dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yakni Prof. Dr. H. Aim Abdulkarim, M.Pd.

Dari pihak MPR sendiri diwakili sambutannya sekaligus pembukaan acara seminar dengan pemukulan gong oleh Tubagus Hasanudin yang menyampaikan mengenai hakikat dan tujuan dari seminar nasional ini yakni sama-sama mengedukasi mengenai demokrasi, dan hakikat dari pelaksanaan demokrasi itu sendiri.


Setelah sambutan-sambutan, maka dimulailah acara focus group discussion yang di moderatori oleh Prof. Dr. H. Cecep Darmawan, S.Pd, S.IP, M.Si, M.H bersama Dra. H. Ahmad Zacky Siradj selaku anggota MPR RI, Dr. Hamdan Zoelva, S.H., M.H. selaku Ketua MK RI ke-4, dan Prof. Dr. H. Sapriya, M.Ed. sebagai pakar dalam bidang pendidikan.
Setelah pemaparan materi dari masing-masing pemateri kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab dari audience yang hadir pada seminar nasional ini. Acara diskusi ini sangat menarik sekali terlihat dari antusiasnya para audience yang banyak sekali yang ingin bertanya. Selanjutnya penyerahan cendra mata yang diberikan pada pemateri kemudian foto bersama lalu acara ditutup dengan doa bersama. (Thoriq/UPP)


Previous Post
Next Post

Unit Pers dan Penerbitan HMCH adalah salah satu unit khusus dalam intern Himpunan Mahasiswa Civics Hukum Jurusan Pendidikan Kewaganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia yang bergerak di bidang jurnalistik

0 comments: