Friday, December 15, 2017

MEMBANGUN PROFESIONALITAS JURNALIS MAHASISWA, UPP HMCH KUNJUNGI KANTOR PIKIRAN RAKYAT


Bandung (13/12), Unit Pers dan Penerbitan Himpunan Mahasiswa Civics Hukum (UPP HMCH), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, menyelenggarakan Kunjungan Kerja dengan tema "Membangun Profesionalitas Jurnalis Mahasiswa"di Kantor Asia Afrika No. 77, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.


Acara ini merupakan program kerja pertama dari Unit Pers dan Penerbitan HMCH periode 2017/2018. Tujuan dari acara ini ialah untuk menambah wawasan mengenai cara bagaimana menjadi seorang jurnalis yang profesional, membuat berita dengan tata bahasa yang dapat dipahami oleh semua kalangan serta menjalin tali silaturahmi dengan pihak Pikiran Rakyat. Acara ini di hadiri oleh pengurus unit pers dan penerbitan itu sendiri juga mahasiswa baru 2017 sebagai pengenalan terhadap unit pers dan penerbitan.


Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pemberangkatan dari titik kumpul di Museum Pendidikan UPI ke Kantor Pikiran Rakyat. Setelah sampai disana pukul 10.00 WIB acara dilanjutkan kembali dengan sambutan dari Direktur Unit Pers dan Penerbitan Yoga Surya Atmaja, ia menuturkan maksud dan tujuan dari kegiatan Kunjungan Kerja ini bahwa beliau berharap setelah dari kunjungan kerja ini rekan rekan seperjuangan dapat memetik ilmu yang akan diterapkan pada nantinya. Selanjutnya sambutan dari Humas Pikiran Rakyat Ibu Tati Siti, beliau mengatakan bahwa sangat senang sekali menjamu tamu dari salah satu unit pers yang ada di kampus Universitas Pendidikan Indonesia. Selanjutnya dilanjutkan dengan pengenalan profil dari Pikiran Rakyat melalui film dokumenternya, lalu disambung dengan diskusi atau tanya jawab dengan pemateri.
Kemudian setelah rangkaian diskusi diakhiri dengan foto bersama dengan ibu Tati Siti, Ibu Eri dan Pak Andri selaku pihak dari Pikiran Rakyat dan Pengurus Unit Pers dan Penerbitan HMCH itu sendiri
.

Pimpinan Redaksi Nurulloh Hidayah mengutarakan tanggapannya mengenai kegiatan Kunjungan Kerja tersebut. “Saya merasa sangat senang karena kami dapat berkunjung ke Kantor Pusat Pikiran Rakyat. Kedatangan kami disambut dengan baik oleh Tim Humas Pikiran Rakyat,kami diperkenalkan dengan profil PR dan mendapatkan banyak pengetahuan baru yang belum kami ketahui sebelumnya. Semua anggota UPP mengikuti acara ini dengan penuh antusias termasuk mahasiswa baru PKn angkatan 2017, mereka mengikuti seluruh kegiatan acara karena keingintahuan mereka mengenai dunia jurnalistik. Harapannya semoga UPP dapat menjadi Unit Pers  dan Penerbitan yang lebih melesat dan unggul. UPP, OPEN YOUR MIND!”.


Tanggapan lainnya diutarakan oleh Direktur Unit Pers dan Penerbitan Yoga Surya Atmaja, “Semoga dengan adanya kegiatan Kunjungan Kerja ini menjadi salah satu langkah awal dari program kerja lapangan pertama yang dapat membuat kita sadar bahwa seorang jurnalis itu sangat dinantikan tulisan beritanya oleh semua orang. Oleh karena itu, tetaplah belajar untuk menulis jika anda takut mengutarakan pendapat dan jangan pernah menginterverensi suatu kebijakan tanpa ada suatu solusi untuk penyelesaian sebuah masalah. Salam Redaksi, OPEN YOUR MIND!”.



Previous Post
Next Post

Unit Pers dan Penerbitan HMCH adalah salah satu unit khusus dalam intern Himpunan Mahasiswa Civics Hukum Jurusan Pendidikan Kewaganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia yang bergerak di bidang jurnalistik

0 comments: