Wednesday, March 27, 2019

Civics Fest 2019: Bersama Membangun HMCH dan Generasi Bangsa

(Bandung) Sebagai generasi harapan penerus Himpunan Mahasiswa Civics Hukum, mahasiswa baru angkatan 2018 membuat sejarah baru yang membuktikan bahwa mereka layak untuk menjadi kader HMCH. Tepat pada tanggal 19 Maret 2019, telah diadakan kegiatan follow up mahasiswa baru yaitu Civcs Fest 2019 dengan tema To Be A Good Generation: Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif dan Kritis Terhadap Elemen Kewarganegaraan. Civics Fest 2019 yang digelar di Auditorium FPIPS ini melibatkan siswa SMA/sederajat Se-Jawa Barat untuk mengikuti beberapa perlombaan di antaranya: Lomba Debat, Lomba Sinematografi dan Lomba Fotografi.
Lomba debat yang diikuti oleh 16 tim terbaik hasil seleksi esai berjalan lancar dan sesuai rencana. Peserta juga terlihat sangat antusias dilihat dari persiapan dan kecakapan peserta dalam mengikuti perlombaan. Bahkan ada beberapa di antara peserta yang mengharapkan perlombaan ini dijadikan kegiatan tahunan.

Begitu pula dengan peserta lomba sinematografi. Peserta menyajikan film yang sangat memukau dan menyentuh hati penonton. Bertemakan "Menjadi Generasi Unggul, Berpotensi dan Sukses", film pendek yang dibuat oleh peserta memberikan motivasi juga inspirasi bagi penonton untuk menjadi generasi yang diharapkan sesuai tema.
Acara Civics Fest juga dimeriahkan dengan pameran foto hasil jepretan dari peserta fotografi, stand bazar makanan dan kerudung di Lobby Timur FPIPS. Acara Civics Fest 2019 yang berlangsung seharian tersebut cukup menarik, selain menampilkan siswa SMA/sederajat yang cakap dalam berdebat dan memahami isu-isu kewarganegaraan terbaru, cakap dalam membuat film dan mengambil gambar, ada juga tampilan dari Afdar Hafidzin Faturohman sebagai gues star yang melakukan aksi stand up comedy yang cukup menggelitik peserta juga penonton untuk tertawa dan terlepas dari suasana tegang perlombaan, terutama lomba debat.
Di akhir acara, tentu saja sebagaimana pada perlombaan lainnya, ada pengumaman dan pemberian pengharagaan bagi yang berhasil menjuarai berbagai perlombaan yang diadakan. Juara kesatu lomba debat dimenangkan oleh MAN 1 Tasikmalaya, juara kedua SMAN 2 Kuningan, juara ketiga SMAN 1 Cimalaka, dan juara harapan satu oleh SMAN 1 Cileunyi. Sedangkan untuk lomba sinematografi juara pertama diraih oleh SMA Labschool UPI, juara kedua oleh SMAN Cimanggung dan juara tiga oleh MAN 1 Sukabumi. Pemenang lomba fotografi diraih oleh SMAN 7 Bandung sebagai juara 1, SMAN 2 Kuningam sebagai juara 2 dan MA YPPA Cipulus sebagai juara 3.
Acara Civics Fest 2019 dapat dikatakan sangat sukses dilihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti perlombaan juga antusiasme panitia yang mengadakan kegiatan. Mereka seakan berkolaborasi dalam menyukseskan kegiatan ini.


Ketua umum Himpunan Mahasiswa Civics Hukum (HMCH), Edah Jubaedah mengungkapkan bahwa Civics Fest 2019 bukan sekedar kompetisi saja, tetapi menjadi ajang untuk membentuk generasi millenial yang bersikap kritis dan menumbuhkan hal inovatif untuk mempersiapkan generasi millenial mampu bersaing baik secara nasional maupun internasional. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat membangun pemikiran siswa yang kritis nan inovatif terhadap elemen kewarganegaraan.
Selain itu, ketua pelaksana Civics Fest 2019 menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang menyenangkan, mendidik, dan yang terpenting bisa menjadi sarana terbaik bagi siswa SMA/sederajat untuk berprestasi.

Reporter by : Dwi gita cahyanurani

Previous Post
Next Post

a bit side of me.

0 comments: