Saturday, September 19, 2020

Bicara Lebih Dekat Seputar Covid-19

 


Sumber Ilustrasi : Freepik

Indonesia bahkan dunia tengah dihebohkan dengan sebuah pandemi, yakni covid-19. Hingga hari ini (26/04/2020) di Indonesia sendiri telah dilaporkan sebanyak 8882 kasus terkonfirmasi dan sebanyak 743 diantaranya meninggal dunia. Dampak dari pandemi covid-19 ini sangat terasa imbasnya pada berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan, dan sebagainya. Melihat dampak yang sangat terasa bagi kehidupan, lalu apa sebenarnya covid-19 itu?

Berdasarkan berita yang dilansir dalam situs www.who.int, covid-19 atau coronavirus disease 2019 atau dalam bahasa Indonesia disebut penyakit coronavirus 2019 merupakan suatu wabah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru. Coronavirus tersebut bernama SARS-CoV-2 atau severe acute respiratory syndrome coronavirus. Virus ini diketahui dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

Covid-19 dapat menyebar melalui droplet atau percikan cairan yang berasal dari hidung atau mulut dari orang yang telah terjangkit wabah ini saat mereka batuk atau bernafas. Apabila droplet atau cairan ini mengenai permukaan benda, kemudian orang lain menyentuh benda tersebut lalu ia menyentuh mata, hidung atau mulut maka orang tersebut sangat berpotensi terkena covid-19.

Secara umum, adapun gejala apabila seseorang terpapar covid-19, yakni demam, rasa lelah, dan batuk kering. Selain itu, terdapat beberapa pasien yang mengalami gejala lainnya seperti hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, diare bahkan sesak nafas. Adapun beberapa orang dengan sistem imun yang baik sama sekali tidak memiliki gejala. Berdasarkan berita yang dilansir oleh tirto.id dalam South China Morning Post disebutkan bahwa Pemerintah Cina menyebutkan sebanyak 30% penduduknya yang terkena covid-19 tidak menunjukan gejala apapun. Hal tersebut tentu sangat berbahaya karena kita tidak akan mengetahui kapan dan dimana kita dapat tertular penyakit tersebut. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk melakukan upaya pencegahan.

Lantas apa saja sih yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi tersebarnya virus corona agar kita tidak terserang?

Pertama, kita harus rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Agar mempermudah menghitung durasi kita bisa melakukannya sembari menyanyikan lagu, misalnya contoh lagu yang mudah menyanyikan balonku ada lima diulang 2x. Jika sabun dan air tidak tersedia atau sedang berada di perjalanan kita bisa menggantinya dengan cairan pembersih tangan dengan minimal 60 persen alkohol atau hand sanitizer.

Kedua, tutup mulut dan hidung dengan siku dilipat saat batuk dan bersin atau gunakan tisu, jangan lupa! Bekas pemakaiannya langsung di buang ke tempat sampah, ya!. Jika bepergian keluar rumah kita juga dapat memakai masker untuk menahan agar virus tidak masuk ke mulut atau hidung.

Ketiga, hindari berpergian ke tempat yang ramai. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Hindari juga berdekatan dengan orang yang sedang tidak sehat seperti batuk, pilek, dan demam.

Yang terakhir, pastikan kita dapat menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan menyempatkan waktu untuk berolahraga. Karena orang-orang yang rentan terserang virus ini adalah orang dengan sistem imun yang lemah.

Yuk!, terapkan kebijakan pemerintah dengan berdiam diri #DiRumahAja demi kepentingan bersama. Walaupun hanya berdiam diri di rumah, kita bisa memanfaatkannya dengan melakukan banyak kegiatan bermanfaat seperti olahraga, memasak, ataupun bekerja online. Dengan pshysical distancing ini secara tidak langsung kita telah membantu pemerintah menekan penyebaran covid-19. Jadi, tetaplah berdiam diri di rumah sampai wabah ini berakhir.

Penulis : D-S

Referensi :

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public Diakses pada 26 April 2020
https://amp.kompas.com/sains/read/2020/03/15/190200123/panduan-mencegah-virus-corona-pesan-who-untuk-kita-semua Diakses pada 26 April 2020
https://tirto.id/mengenal-infeksi-virus-corona-covid-19-tanpa-gejala-eK6X Diakses pada 26 April 2020

 

 

 




Previous Post
Next Post

Unit Pers dan Penerbitan HMCH adalah salah satu unit khusus dalam intern Himpunan Mahasiswa Civics Hukum Jurusan Pendidikan Kewaganegaraan FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia yang bergerak di bidang jurnalistik

0 comments: